Cerita Pendek tentang Cinta Segitiga dan Analisis

Contoh cerita pendek tema cinta segitiga kali ini akan diberikan juga analisisnya. Maka dari itu bagi anda yang mencari cerpen dan analisis bisa mencoba mempelajarinya. Meski tidak selengkap analisis lain namun paling tidak pembaca memiliki gambaran lebih banyak tentang karya terbaru tersebut.

Sudah tahu kan bagaimana cerita dalam contoh cerpen singkat ini? Ya, tentang cinta yang membuat seseorang pusing. Bukan masalah perselingkuhan atau penghianatan tetapi masalah seseorang yang dicintai oleh kakak dan adik, satu keluarga. 

Dari judulnya sudah jelas, “antara kau dan kakakmu” jadi seolah sang tokoh utama harus memilih antara dua pilihan yang cukup sulit, bahkan mustahil.

Bagaimana jika anda dalam posisi seperti itu, apakah anda bisa memilih salah satu diantara mereka berdua, kakak beradik yang sama-sama mencintai anda? Sangat sulit bukan, begitulah yang digambarkan dalam kisah cerita berikut. Tentu sangat menarik dan menegangkan bagaimana akhir dari cerita ini, semakin penasaran saja jadinya.

Seseorang dalam posisi demikian bisa saja memilih salah satu dari mereka. Tapi itu benar – benar pilihan yang sulit. Memilih diantara dua saudara tentu akan menyakiti salah satunya, sebuah dilema besar. 

Ada kemungkinan kita akan memilih keduanya, jika keadaan memungkinkan, tapi bisa juga justru kita akan meninggalkan keduanya agar tidak menyakiti salah satunya. Dari pada penasaran lebih baik dibaca saja cerpen dan temanya ya.

Antara Kau dan Kakakmu
Cerita Pendek tentang Cinta Segitiga

Sebut saja namaku Rangga, aku adalah seorang karyawan disebuh perusahaan yang ada di Jakarta. Baru-baru ini aku dipusingkan dengan sebuah cinta segitiga yang melandaku. Aku dicintai dua orang gadis sekaligus yang merupakan kakak beradik. Dia adalah Endang yang merupakan adik dari si Rika.

Endang adalah temanku sekolah dan kami telah lama kenal. Bahkan kami sering jalan dan makan bareng. Sedangkan aku mengenal kaka Endang ketika Endang mengajaku kerumahnya dan memperkenalkan kepada keluarganya.

Dari situlah aku kenal dengan Rika, sejak saat itu pula aku sering telvonan, chat, dan bahkan jalan bareng.

Pada suatu ketika aku yang sedang jalan dengan Rika yang merupakan kakak dari Endang. Kami jalan kesuatu tempat perbelanjaan.

Aku,”Kamu mau beli apa ?”.
Rika,”Aku mau beli baju, bantuin pilihin ya”.
Aku,”Iya siap”.

Aku pun membantu memilihkan baju untuknya,”Ini yang ini bagus kayaknya”, ungkapku sambil menunjukan baju tersebut kepada Rika.
Rika pun menjawab,”Ih jelek kaya emak-emak, tua banged warnanya”.

Aku pun mengembalikan baju tersebut, tak lama kemudian Rika mendapatkan baju yang diinginkanya. Dia pun menuju keruangan ganti untuk mencoba baju tersebut. Setelah keluar dia berkata,”Gimana, cantik enggak?”, meminta komentarku.
Aku pun berkata,”Iya cantik kok cocok sama warna kulit kamu”.

Aku dan Rika pun beranjak pulang setelah berbelanja, dengan riangnya Rika begitu menikmati jalan denganku. Bahkan aku pun merasa terhibut dengan celotehnya yang begitu lucu. Aku pun mengantar Rika pulang kerumah. Sesampainya dirumah aku pun mampir dirumah Rika untuk sejenak melemaskan ototku usai menyetir.

Sesampainya di Rumah Rika ada  Endang yang tiba-tiba berkata,”Ganjen banged si jadi cewe, ngajakin Rangga jalan”.
Rika menjawab,”Loh  kamu kok sewot, Rangga-nya aja mau kok”.

Endang,”Kamu juga Rangga!!!, kamu enggak mikir apa dari dulu aku suka sama kamu, tapi malah kamu asik-asikan sama kakak aku”. Sambil menatapku.
Aku pun menjawab,”Suka gimana si ?,”.

Rika pun juga berkata,”Emangnya kamu aja yang suka sama Rangga, aku juga suka kali”.

Mereka pun semakin tegang memperebutkan aku, sementara aku berusaha memisah, namun tetap saja mereka sangat susah untuk dipisah. Tak lama kemudian  Endang berkata,”Sekarang kamu pilih aku apa kakakku!!!”.

Aku berkata,”Aku pun bingung dengan semua ini, kalian berdua adalah wanita yang menurutku bisa membuatku nyaman”.

Endang,”Tapi kamu harus milih dong, biar ada kejelasan dari kamu”.
Aku,”Ya sudah beri aku waktu untuk berpikir”.

Setelah kejadian itu Rika dan adiknya menjadi bermusuhan, sementara aku tidak enak hati dengan semua ini. Belum lagi mereka berdua menunggu kepastianku tentang siapa yang hendak aku pilih, menurutku ini semua adalah hal yang sangat sulit, karena jujur dari hati yang paling dalam aku mencintai mereka berdua.

--- oOo ---

Karena sudah membaca kisah selengkapnya maka sekarang anda tentu bisa memberikan komentar mengenai cerita di atas. Ya, tentu saja, anda bisa bebas menafsirkan bagaimana inti cerita dan juga pesan yang sebenarnya ingin disampaikan oleh penulis. Bagaimana menurut anda, apakah cerpen di atas cukup bagus?

Apapun dan bagaimanapun, karya cerpen bisa menjadi hiburan dari berbagai sisi baik dari cerita maupun dari bahasa yang digunakan. Dari cerita mungkin kita bisa menikmati sebuah kisah yang menarik dan belum pernah diketahui sebelumnya. 

Dari bahasa mungkin kita bisa mengkaji lebih jauh mengai keindahan bahasa yang digunakan. Bicara mengenai hal ini lebih baik kita lihat sedikit analisa tema cerpen ini dibagian bawah.

Analisis Cerpen Antara Kau dan Kakakmu
Seputar Tema dan Pesan Moral Cerpen

Bukan maksud merasa lebih pintar, tapi analisa ini hanya untuk lebih melengkapi karya yang sudah ada di atas. Jika kita lihat dari keseluruhan ceritanya, cerpen tentang cinta segitiga tersebut memberikan pesan yang cukup bijaksana.

Pesan moral yang bisa ditangkap dari cerita di atas adalah hendaknya kita dengan saudara kita bisa saling menjaga dan saling menghormati, bukan saling bermusuhan apapun alasannya. Pasti ada jalan keluar dari sebuah masalah. 

Bisa dilihat, pada cerpen cinta segitiga di atas dua orang gadis ribut gara-gara memperebutkan seorang lelaki padahal mereka sendiri belum tahu bagaimana perasaan sang lelaki – laki tersebut.

Sebagai seorang lelaki, sebaiknya juga bisa menjaga sikap dan tingkah laku. Jika memang terjadi hal yang tidak diinginkan seperti di atas kenapa tidak memberikan kejelasan secepat mungkin, jangan pernah menggantung perasaan wanita, apalagi dalam waktu yang lama.

Itu saja mungkin yang bisa kita lihat dari cerita di atas. Tema cinta remaja memang terlihat jelas sekali dalam cerpen di atas. Dari judul bisa kita ketahui, begitu juga dari alur ceritanya. Sekarang mari kita tinggalkan karya di atas dan menuju kisah berikutnya. Masih ada beberapa kisah lain yang menarik, juga tentang cinta, mau?

Back To Top