10 Contoh Cerita Rakyat dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh cerita rakyat bahasa inggris dan artinya tentu akan membuat apa yang sudah ada di situs kita ini menjadi semakin lengkap. Tentu dengan tambahan sepuluh judul lagi maka semua akan menjadi lebih mudah bagi kita semua untuk mencari koleksi yang paling bagus dan paling sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan.

10 Contoh Cerita Rakyat dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Contoh Cerita Rakyat Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Semakin banyak pilihan maka semakin mudah mencari yang sesuai. Tidak juga seperti mencari jarum di tumpukan jerami, kita akan memberikan pembahasan yang detail untuk setiap judul atau koleksi yang ada.

Dengan begitu meski banyak judul kita tidak akan bingung. Masing-masing koleksi akan dikelompokkan dengan tema-tema yang bervariasi.

Jadi rekan semua bisa menjadi judul yang sesuai tema yang diinginkan. Ada banyak, rekan semua akan mendapatkan kisah-kisah yang unik dan menarik.

Sepuluh judul ini kalau kita jadikan satu dalam satu pembahasan ini pasti akan membuat pusing. Bisa dibayangkan, kalau satu judulnya saja satu lembar halaman maka akan jadi sepuluh halaman.

Maka dari itu disini akan kita bahas saja ceritanya dan akan kita berikan link atau tautan agar rekan semua bisa membacanya langsung. 

Tapi yang kita bicarakan ini bukan novel atau cerpen ya. Yang sedang kita persiapkan ini adalah kisah-kisah yang beredar di kalangan masyarakat luas di nusantara. 

Ya, kisah-kisah yang banyak diceritakan dari zaman dahulu kala. Tentu akan sangat menghibur dan menyenangkan, tak akan kalah dengan kisah-kisah modern kok.

Kalau yang biasa sering kita dengar adalah timun mas atau malin kudang, kita akan mencoba menceritakan yang berbeda. 

Bukan hanya kisah tersebut tetapi kisah-kisah lain yang jarang didengar. Di nusantara ini ada banyak kisah yang menarik bahkan yang mungkin akan membuat rekan semua terkesan. Sebagai permulaan, sudah disiapkan lima judul berikut!

1) The Story of Danau Lau Kawar
2) The Story of Shuteye Island
3) The Story of Toba Lake
4) The Story of Snow White 
5) The Story of the Golden Slug 

Sudah ada separuh, di atas tersebut merupakan cerita rakyat yang bisa rekan semua nikmati. Ada beberapa yang sudah cukup terkenal, misalnya yang judulnya “toba lake” atau dalam bahasa Indonesia-nya “danau toba”.

Sebagian mungkin jarang rekan dengar seperti “shuteye island” atau bisa juga yang judul pertama. Rekan semua bisa memilih salah satunya atau bisa membacanya satu persatu. 

Kalau rekan membacanya mungkin bisa menemukan yang paling disukai. Lagi pula diantara kisah – kisah di atas tidak terlalu panjang kok, bahkan ada yang singkat kurang dari satu halaman.

Karena di awal kita menjanjikan akan memberikan 10 (sepuluh) judul maka masih ada lima lagi yang tersisa. Penasaran bukan apa saja judul berikutnya?

1) Telaga warna
Telaga warna, jelas bisa ditebak bahwa kisah ini tentang sebuah legenda terjadinya telaga. Mungkin saja sudah ada rekan yang pernah membaca kisah ini dalam bahasa Indonesia, atau mungkin pernah mendengar cerita tersebut. 

Untuk melengkapi bahan yang ada maka kita juga akan membagikan kisah tersebut dalam bahasa yang sedang kita pelajari.

 Mungkin ada yang penasaran dengan asal mula bagaimana telaga ini bisa terbentuk berdasarkan kisah yang beredar di masyarakat. 

Tentu dari pada penasaran akan lebih baik jika kita juga menjadikan kisah ini sebagai salah satu bahan belajar kita.

Tidak akan membosankan karena ceritanya cukup bagus, dan yang terpenting tidak terlalu panjang. Bagi yang sedang mencari bahan bacaan silahkan baca The Story of Telaga Warna.

2) Cindelaras
Dulu waktu pertama kali mendengar kata “cindelaras” yang ada dibayangan adalah wanita atau putri cantik. Tapi ternyata tidak seperti yang dibayangkan.

Cindelaras ini merupakan salah satu kisah yang berasal dari Jawa Timur. Ceritanya menarik kok, ya masih mirip-mirip yang lain yaitu berhubungan dengan kehidupan di zaman kerajaan.

Nah, ada yang tahu tidak siapa sebenarnya Cindelaras ini? Kalau tidak salah ini ya, kisah ini bermula ketika ada keserakahan dan kecemburuan dari salah seorang istri raja yang akhirnya berbuat hal yang jahat. 

Cindelaras adalah korban kejahatan yang harus hidup terpisah dari ayahnya sendiri. Sampai akhirnya nasib mempertemukannya lagi dengan sang ayah dengan jalan yang tak disangka.

Penasaran bukan dengan cerita selengkapnya? Makanya, silahkan rekan nikmati indahnya kisah yang ada pada The Story of Cindelaras.

3) Rawa pening
Kalau tadi kita dari Jawa Timur kita sekarang ke Jawa Tengah. Ada juga kok yang bagus, cerita rakyat tersebut berjudul “legenda rawa pening”.

Kisah tersebut cukup bagus dan menghibur, apalagi untuk rekan-rekan semua yang belum pernah tahu bagaimana kisah tersebut yang sebenarnya. 

Iya juga sih, memang mungkin hampir sama dengan yang nomor satu tapi rekan semua belum tahu bagaimana yang sebenarnya bukan?

Iya, ini merupakan kisah asal usul atau asal mula dari rawa pening. Nah, dibalik lokasi yang kini sudah cukup terkenal tersebut ternyata ada kisah menarik yang beredar.

Apa ya, ada ketidakperdulian sebuah masyarakat kepada orang lain yang sangat membutuhkan. Ada pembiaran, orang-orang melihat manusia lain menderita.

Tetapi tidak memiliki niat sama sekali untuk membantu hingga akhirnya mereka pun mendapatkan hukuman yang dahsyat. Seperti apa kisah selengkapnya, silahkan baca juga kisah The Legend of Rawa Pening.

4) Lutung kasarung
Senang rasanya kalau memiliki banyak bahan bacaan yang cantik, menarik dan menghibur. Apalagi di dalam bahan bacaan tersebut ada banyak hikmah, pesan moral dan juga nilai-nilai luhur yang bisa direnungkan.

Tentu manfaatnya bukan hanya sebagai sarana hiburan tetapi juga pembelajaran. Sudah banyak kisah yang bisa kita nikmati dari daftar di atas.

Apalagi jika ditambah lagi dengan cerita lutung kasarung dalam bahasa Inggris berikut ini. Tentu akan sangat menyenangkan bisa memilih kisah menarik sebagai teman santai dan belajar.

Lutung kasarung juga merupakan salah satu ceria rakyat yang bagus dan menghibur. Bagi rekan yang ingin tahu bagaimana kisah selengkapnya silahkan langsung dibaca saja.

Tapi ingat ya, ini dalam bahasa Inggris, jadi jangan salah. Kalau berkenan langsung baca The Story of Lutung Kasarung.

5) Timun mas
Timun mas juga sangat terkenal sebagai salah satu cerita rakyat nusantara. Di youtube saja banyak yang mengisahkan tentang cerita ini.

Tapi kita bukan hendak membahas yang sudah ada tetapi akan membahas salah satu yang berupa teks.

Cerita ini juga akan melengkapi koleksi kita yang sudah ada, tentu untuk menambah kemampuan kita dalam pelajaran bahasa Inggris. 

Ada yang tahu tidak, pesan moral yang ada dalam cerita tersebut? Mungkin ada yang sudah pernah membaca atau sudah tahu secara garis besar bagaimana kisah tersebut.

Mungkin juga ada yang pernah melakukan analisa lebih jauh tentang kisah nusantara tersebut. Bagi yang belum pernah sama sekali tahu akan kisah ini sebaiknya jangan sampai ketinggalan. Silahkan ikuti The Story of Timun Mas.

Kalau hanya sepuluh judul sebenarnya masih sedikit, tapi paling tidak beberapa pilihan di atas bisa mempermudah pekerjaan kita. Kalau dibutuhkan, sepuluh judul cerita rakyat dalam bahasa Inggris di atas bisa kita baca semua.

Atau, kalau rekan masih membutuhkan tambahan maka rekan semua bisa juga memilih beberapa kisah lain yang ada di daftar dibagian bawah. 

Untuk rekan semua sudah disiapkan juga beberapa tambahan koleksi untuk referensi. Semoga bisa mempermudah rekan semua yang sedang mencari kisah menarik yang ada.

Siapa tahu banyak yang mencari kisah penuh pesan moral dan turun temurun diceritakan di tengah masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran hidup bagi kita semua. Selamat menikmati.

Back To Top